Halaman

Minggu, 21 September 2014

Ini 'Mantra' Ampuh Cara menghilangkan Insomnia

Ini 'Mantra' Ampuh Cara menghilangkan Insomnia
Ini 'Mantra' Ampuh Cara menghilangkan Insomnia Jika jam tidur sudah tiba tapi rasa kantuk tak kunjung menyerang, sejumlah orang kerap menyiasatinya dengan cara tertentu agar bisa tertidur. Ada yang berolahraga ringan, minum susu hingga memakai obat tidur. Tapi sebenarnya dengan permainan kata-kata tertentu, Anda bisa 'menghipnotis' diri sendiri agar bisa tertidur.

Mungkin sekilas mirip hipnosis, namun sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Social Psychology ini memaparkan bahwa dengan penggunaan kata-kata sederhana, Anda bisa membujuk otak Anda sendiri agar bisa tertidur.

Bukan sembarang kata, kata-kata yang digunakan dalam trik ini adalah yang berkaitan dengan tidur seperti 'cozy (nyaman)' dan 'relax (rileks). Dan peneliti telah membuktikannya, partisipan yang terus dipapari kata-kata ini selama lima menit dapat tertidur 47 persen lebih lama, meski hanya tidur siang yang singkat, dibandingkan partisipan yang tidak melihat kata-kata ini.

Detak jantung partisipan yang membaca kata-kata ini juga menurun secara signifikan. Menurut peneliti, detak jantung yang menurun juga menunjukkan tidur yang lebih nyenyak.

Pada percobaan lain, kata-kata 'mantra tidur' itu juga sama efektifnya pada orang-orang yang memang telah lama mengidap gangguan tidur.

Cara menghilangkan insomnia dengan "Membaca kata-kata yang membuat rileks mengaktivasi proses mental yang berorientasi pada target di dalam otak yang membantu mengendalikan seberapa lelah atau bersemangatnya diri Anda," terang peneliti Mitsuru Shimizu, Ph.D., dari Southern Illinois University Edwardsville, AS.

Dengan kata lain, membaca kata-kata seperti 'nyaman' dan 'rileks' dapat membantu menghipnosis Anda agar merasakan kondisi sesuai dengan kata-kata yang Anda baca, sehingga membuat Anda cepat tertidur.

"Namun proses psikologis di balik hal ini kurang begitu jelas. Hanya saja sama halnya ketika Anda memakai kata-kata kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda sebelum melakukan wawancara kerja, maka Anda juga bisa mendorong diri sendiri agar bisa tertidur hanya dengan memikirkan kata-kata yang menenangkan," imbuh Shimizu seperti dilansir Men's Health,

Penasaran? "Coba saja sendiri dengan menuliskan kata-kata yang menurut Anda berkaitan dengan tidur, misalnya 'calm (tenang)', 'rest (istirahat)' dan 'drift away (terhanyut)' pada kertas notes. Letakkan di kamar mandi, pinggir tempat tidur atau tempat lain yang sekiranya akan Anda lihat sejam sebelum naik ke ranjang," saran Shimizu.

Shimizu memastikan paparan kata-kata ini akan meningkatkan kualitas dan kenyenyakan tidur Anda

Cara menghilangkan insomnia dengan mantra ampuh  seperti  yang dijelaskan diatas  tentunya layak anda coba ketika ingin beristirahat nanti,selamat mencoba.
(health.detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar