Halaman

Selasa, 02 September 2014

9 Cara Menghilangkan Insomnia

9 Cara Menghilangkan Insomnia

9 Cara Menghilangkan Insomnia, Gangguan tidur ini terjadi seiring dengan perubahan usia dan hormonal. Bagi Anda yang tidak sering berpesta atau bekerja larut malam serta sering makan junk food, waspadalah.
Faktor-faktor tadi dapat menyebabkan gangguan jam biologis Anda yang pada akhirnya dapat menjadi penyebab insomnia. Namun di era modern, gangguan tidur ini lebih banyak disebabkan oleh stres, kecemasan, depresi, dan gangguan bipolar.


Jika Anda mengalami kesulitan tidur, tidak ada salahnya mencoba beberapa metode seperti dilansir Health India  9 Cara Menghilangkan Insomnia  berikut ini.
  1. Waktu tidur tetap. Setiap orang memiliki kebiasaan unik dan berbeda, serta pola tidur yang berbeda. Beberapa orang merasa segar hanya dengan tidur selama 6 jam, sementara yang lain memerlukan 9 – 10 jam untuk bisa lebih segar. Ketahuilah apa yang dibutuhkan tubuh Anda dan tingkatkan tidur Anda. Selain itu, mempertahankan tidur teratur dan waktu bangun untuk mengatur pola tidur Anda.
  2. Mengunjungi dokter. Dokter akan memberitahu obat, kondisi medis dan situasi stres yang menyebabkan Anda terpengaruh insomnia atau membuatnya lebih parah.
  3. Mengatur gaya hidup. Menjaga rutinitas yang tidak ekstrim. Jika hal ini tidak mungkin karena tuntutan pekerjaan, maka Anda dapat menyeimbangkan dengan hal-hal lain, seperti diet dan tetap sehat secara mental.
  4. Hindari tidur di sore hari. Cobalah untuk tidur kala sore hari. Isilah waktu di sore hari dengan kegiatan yang berguna untuk menjaga tubuh Anda tetap bergerak.
  5. Membuat aktivitas fisik. Olahraga fisik atau berjalan-jalan sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia kronis. Lakukan kegiatan ini sambil mendengarkan musik atau dengan teman-teman sehingga kegiatan fisik dapat dipertahankan.
  6. Diet. Biasakan makan makanan sehat saat makan malam. Pilih susu hangat atau teh herbal dengan rasa chamomile daripada kafein, alkohol, dan tembakau. Langkah ini dapat membuat Anda tertidur lebih cepat.
  7. Manjakan diri sebelum tidur. Manjakan diri dengan mandi air hangat, pijat, mendengarkan musik, dan gosok perut Anda dengan botol air hangat.
  8. Hindari kegiatan menarik. Menonton televisi dan membaca buku, beberapa kegiatan yang sering dilakukan oleh mereka yang mengalami kesulitan tidur. Hindari kegiatan tersebut karena justru akan menarik perhatian dan membuat Anda kesulitan tidur.
  9. Lakukan kegiatan yang monoton. Anda mungkin sudah sering mendengarnya. Tapi tidak ada salahnya mencoba. Ya, menghitung domba atau menyebutkan alfabet mundur dapat membuat Anda lelah dan jatuh tertidur.

    Semoga artikel  9 Cara Menghilangkan Insomnia  ini bisa memberikan manfaat buat kita semua,selamat tidur nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar