Halaman

Sabtu, 13 September 2014

4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung




4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung
4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung .Seperti layaknya kelelahan fisik yang dapat menyebabkan kelelahan otak, insomnia atau susah tidur di malam hari  juga dapat membahayakan jantung Anda. 

Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini dalam European Heart Journal menemukan bukti hubungan substansial antara insomnia dan risiko gagal jantung.

Dilansir dalam Prevention, selama lebih dari 11 tahun, tim studi dari universitas Skandinavia melacak beberapa kebiasaan tidur dan tingkat gagal jantung lebih dari 50.000 pria dan wanita. Para peneliti berfokus pada tiga masalah utama insomnia: sulit tidur, kesulitan tetap tidur, dan bangun masih merasa lelah.

Sayangnya, hasil dari analisis mereka membuktikan masih banyaknya orang yang terjaga di malam hari: Di antara peserta yang mengikuti tes ini hanya diadapatkan satu orang yang "jarang" mengalami insomnia mengalami peningkatan gagal jantung hingga 5 sampai 14% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berjuang dengan tidur. Tetapi bagi mereka yang mengalami ketiga gejala yaitu "sering" , persentase terkena gagal jantung lebih dari tiga kali lipat, kata rekan penulis studi Lars Laugsand, PhD, dari Universitas Norwegia Sains dan Teknologi.

"Insomnia adalah gangguan yang ditandai dengan hyperarousal," kata Laugsand. Jadi, bukannya tertidur dengan kondisi tenang, insomnia meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik Anda, yang melepaskan banyak hormon stres ke dalam aliran darah Anda. proses ini meningkatkan tekanan darah, hal ini memperjelas alasan mengapa ketika kita terkena insomnia, kita merasakan jantung berdebar lebih cepat dan kepanasan. 

Hormon stres juga meningkatkan tingkat peradangan dan memacu pelepasan katekolamin, sekelompok senyawa yang dalam penelitian sebelumnya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tambah Laugsand.

Bagaimana cara menghilangkan insomnia? Anda bisa mencoba dengan meningkatkan kualitas tidur anda. Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, Laugsand menyarankan berfokus pada empat aspek berikut rejimen tidur Anda:

Perilaku: Hindari tidur siang dan menghabiskan setidaknya 30 menit santai sebelum tidur. yang berarti tidak ada TV, komputer, atau perangkat digital yang dapat membuat terjaga semalaman. Lalu bangun dan pergi tidur dengan waktu yang sama setiap hari untuk menjaga rutinitas waktu tidur anda.

Lingkungan: Jaga kamar tidur Anda gelap dan setenang mungkin, dan menyalakan pendingin ruangan , karena penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa jika kepala Anda dalam keadaan dingin, Anda cenderung  tertidur lebih cepat.

Diet: Hindari kafein 6 sampai 8 jam sebelum tidur, dan jangan minum-minuman beralkohol, yang merupakan pengganggu tidur utama. Kelaparan juga dapat membuat Anda bangun di malam hari. Jadi untuk membantu anda agar cepat ngantuk, beberapa porsi makanan ringan dapat membantu Anda tertidur.

Latihan: lakukan latihan ringan di pagi hari , seperti Yoga atau berjalan kaki , karena aktifitas ini membantu anda lebih cepat mengantuk pada malam harinya .

4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung  anda sudah barang tentu jadi mesti proritas penting untuk kesehatan anda,semoga bermanfaat.


sumber (Aktual.co)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar