Halaman

Kamis, 14 Agustus 2014

Cara Alami Mengatasi Insomnia

Cara Alami Mengatasi Insomnia Gangguan tidur atau insomnia sepertinya telah menjadi ‘sahabat’ bagi banyak orang saat ini. Semakin kita sibuk, maka semakin sering sulitlah kita untuk tidur. Tapi janganlah langsung minum obat tidur untuk mengatasi hal ini.  Efek samping karena obat tidur bisa membuat kecanduan, karena obat ini sering mengandung zat adiktif. Obat ini juga sering dikaitkan dengan kerusakan pada fungsi hati.

“Cara alami adalah pilihan terbaik,” kata Joanne Getsy, MD., direktur medis dari Sleeping Center di Drexel University College of Medicine, Drexel Philadelphia.
Bahan-bahan alami seperti teh chamomile, lavender, dan valerian dapat digunakan. Hanya perlu direbus, sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh sebelum tidur. Atau bisa mencoba alternatif lain, Cara menghilangkan insomnia seperti berikut ini.
  • Aromaterapi lavender. Aroma lavender dianjurkan untuk menyingkirkan gangguan kecemasan dan insomnia. Bisa juga didapat dari minyak lavender yang dibakar. Aroma yang menyebar dalam ruangan akan membuat kita merasa mengantuk. Jika ingin membuatnya sendiri, campurkan bunga lavender dengan air, lalu semprotkan pada bantal. Bisa juga dengan mencampur beberapa tetes minyak lavender dengan wewangian seperti almon atau zaitun, oleskan tepat di bawah hidung.
  • Nikmati susu. Salah satu zat yang dapat membuat kantuk adalah triptofan, asam amino yang meningkatkan kadar serotonin di otak. Penelitian menunjukkan mengonsumsi triptofan dapat membantu tidur lebih cepat. Nah, triptofan ini bisa didapatkan dari berbagai jenis produk susu. Jadi, tidak ada salahnya minum segelas susu hangat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.
  • Musik. Alunan musik santai juga dapat meredakan insomnia. Dengarkan lagu favorit Anda ketika menemui kesulitan tidur. Rasakan efek relaksasi sambil menutup mata Anda. 
Cara Alami Mengatasi Insomnia


Cara Alami Mengatasi Insomnia Dengan meningkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, kualitas tidur dapat dibantu agar semakin baik. Berikut ini adalah 8 jenis makanan yang disarankan oleh para ahli kesehatan dalam membantu meringankan insomnia dan memperbaiki kualitas tidur agar lebih baik.

1. Cherry

Buah yang satu ini mengandung banyak zat melatonin, yang membantu meringankan insomnia. Di dalam tubuh, hormon melatonin membantu mengatur jam tidur dan siklus energi. Kekurangan melatonin menyebabkan seseorang merasa lelah, dan tidak bisa tidur nyenyak saat malam hari. Cherry bisa dikonsumsi dalam bentuk buah mentah, jus, atau dicampurdalam kue tart.

2. Ubi

Selain banyak mengandung protein kompleks, ubi juga mengandung potassium yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Potassium membantu otot lebih rileks dan menginduksi tidur sehat. Patut dicatat, kebanyakan nutrisi terdapat pada kulit ubi sehingga mengonsumsi kulit dan daging ubi akan melengkapkan nutrisi yang diterima tubuh. Konsumsi teratur setiap hari akan meningkatkan kualitas tidur.

3. Pisang

Pisang mengandung banyak unsur alami untuk relaksasi otot berbahan potassium. Pisang juga kaya vitamin B6 yang merupakan penyusun melatonin. Peningkatan melatonin akan perlahan mengobati insomnia.

4. Kale

Kale adalah sayuran berdaun hijau gelap yang kaya kalsium. Sebuah riset mengatakan, orang yang kekurangan tidur juga mengalami defisiensi kalsium dalam tubuhnya. Konsumsi kale dapat membantu meningkatkan kalsium, yang kemudian berdampak positif pada perbaikan pola tidur.

5. Edamame

Di Indonesia edamame dikenal sebagai kedelai Jepang, dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, beku, atau sebagai camilan. Edamame adalah sumber karbohidrat, protein, serat dan beberapa vitamin. Riset membuktikan, edamame mengurangi gejala kurang tidur bagi wanita monopause. Edamame mengandung komponen sama dengan esterogen, yang mencegah rasa panas saat malam yang bisa mengganggu tidur.

6. Chamomile

Herba ini sudah lama digunakan untuk membantu meringkankan bermacam gangguan kesehatan, mulai dari keluhan sakit perut sampai kurang tidur. Dikenal luas sebagai produk teh kesehatan, chamomile juga kini dapat ditemukan dalam bantuk ekstrak dan salep yang dioleskan ke permukaan kulit.
Sebagai jenis teh, chamomile dapat membantu tubuh supaya lebih rileks.  Penelitian klinis mengenai manfaat herbal ini dalam memperbaiki kualitas tidur pada manusia masih terbatas. Namun uji coba pada hewan telah memberikan hasil positif.

7. Valerian

Herba ini banyak ditemukan dalam bentuk suplemen. Selama ribuan tahun, valerian digunakan untuk mengobati gejala gelisah dan insomnia. Patut dicatat, belum ada studi ilmiah yang membuktikan kesuksesan khasiat herba untuk mengobati insomnia. Namun, banyak yang mengalami keluhan sulit tidur menggunakan valerian sebagai suplemen setiap hari. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat atau suplemen herbal.

8. Melatonin

Diproduksi oleh kelenjar pineal dalam otak, melatonin adalah hormon penting  yang bertugas mengatur aktivitas tidur. Ketika seseorang kekurangan hormon ini dalam tubuhnya, maka dia akan mengalami insomnia dan kekurangan energi. Melatonin kini tersedia bentuk makanan/suplemen alami untuk membantu memperbaiki tidur. Suplemen melatonin ini memang belum benar-benar teruji secara ilmiah oleh sebab itu penting artinya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk ini.
 Cara menghilangkan insomnia dengan alami tanpa efek samping yaitu dari bahan bahan alami akan jadi pilihan yag tepat buat anda,semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar