Laman

Minggu, 07 Desember 2014

Cara menghilangkan insomnia,bisakah Olahraga mengatasinya?


Cara menghilangkan insomnia,bisakah Olahraga mengatasinya?- Gangguan sulit tidur atau lazim disebut insomnia bisa diatasi dengan berolahraga. Butuh ketekunan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Para peneliti dari Behavioral Sleep Medicine Program, Feinberg School of Medicine, Northwestern University Chicago, mengungkapkan bahwa dampak dari olahraga yang selama ini dilakukan para pengidap insomnia untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik ternyata sangat kurang.


Kelly Glazer Baron, ketua peneliti, seperti dikutip
USAToday.com mengatakan bahwa faktor kurangnya dampak olahraga pada pengidap insomnia dipengaruhi oleh perilaku si pasien. “Mereka menginginkan hasil yang cepat, namun ketika itu tidak terlihat mereka menjadi malas kembali,” ujarnya.

Menurut Kelly, pasien insomnia memiliki kadar aktivitas otak lebih berat sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengembalikannya ke kadar normal. “Yang ingin saya katakan adalah olahraga sesekali tidak akan membuat pasien insomnia sembuh,” ujarnya. “Anda harus memiliki jadwal olahraga dan menjadikannya sebagai aktivitas rutin.”


Pasien juga harus mengesampingkan tujuan olahraga untuk
mengatasi insomnia karena jika gagal, hal tersebut malah akan membuat stres. “Mendapatkan kualitas tidur yang baik hanyalah salah satu dari manfaat positif yang bisa didapat dari olahraga,” katanya.

Berjalan kaki ringan selama 30 menit setiap hari, joging, berenang atau berlatih angkat beban merupakan beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan. Sebaiknya perhatikan waktu istirahat, jika Anda melakukan olahraga
Jika Anda memutuskan untuk melakukan olahraga di pusat kebugaran demi mengharapkan manfaat cepat mengatasi insomnia yang Anda alami, penelitian terbaru mengatakan, hal tersebut tidak cukup. Memang berolahraga bisa membantu para penderita insomnia tidur lebih baik tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa dampaknya sangat kurang.

"Ide penelitian ini datang karena pasien saya mengatakan bahwa mereka mendengar kalau olahraga bagus sebagai cara menghilangkan insomnia dan untuk membantu tidur nyenyak," ujar penulis hasil riset, Kelly Baron, director of the Behavioral Sleep Medicine Program di Feinberg School of Medicine di Northwestern University di Chicago.

"Tetapi orang umumnya ingin hasil yang cepat. Dan mereka tidak melihat perubahan seketika. Karena itu mereka pun menjadi malas lagi," ujar dia seperti dikutip situs Health Day "Pesan yang ingin disampaikan di sini adalah olahraga tidak memberikan hasil yang cepat dan saya pikir ini tidak menghalangi upaya tersebut," ujar Baron.

Hasil riset sebelumnya, sambung dia, menemukan bahwa olahraga lebih dari 16 minggu sangat efektif untuk membuat tidur nyenyak, sebagai bagian dari pengobatan lainnya. Tetapi seperti juga penurunan berat badan atau perubahan perilaku yang lain, hal ini tidak terjadi seketika. Anda harus mengukur perkembangannya setiap bulan, bukan harian.

Baron dan rekan-rekannya mempublikaiskan hasil riset terbaru ini di Journal of Clinical Sleep Medicine secara online pada 15 Agustus 2013.

Hasil riset ini muncul setelah para ilmuwan meneliti lebih dekat data kebiasaan tidur atas 11 orang yang berusia pertengahan dan wanita lanjut usia. Semua terdiagnosis dengan insomnia sebelum memulai kegiatan yang dimonitor selama empat bulan. Olahraga memang membantu tidur menjadi nyenyak dan bergairah pada para wanita lansia di akhir program empat bulan tersebut.

Sebaliknya hasil riset ini juga menunjukkan bahwa olahraga hanya sekali saja tidak membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak malam itu. "Karena itu para pasien harus membuat rencana, membuat jadwal olahraga secara rutin," ujar Baron.
di malam hari.
 Cara menghilangkan insomnia,bisakah Olahraga mengatasinya? dari penjelasan diatas mudah mudahan kita semua dapat pemahaman baru bisa atau tidaknya Olahraga sebagai alternatif mengatasi insomnia,semoga bermanfaat.

Rabu, 24 September 2014

Mengapa Cara menghilangkan insomnia Dengan Kemping Dikatakan Ampuh?



Mengapa Cara menghilangkan insomnia Dengan Kemping Dikatakan Ampuh?Mengapa Cara menghilangkan insomnia Dengan Kemping Dikatakan Ampuh? Susah tidur di malam hari tapi kerap kecapekan keesokan paginya adalah gejala paling umum yang dimiliki penderita insomnia. Jangan dibiarkan begitu saja karena insomnia berisiko memunculkan penyakit tertentu. Ini dia cara lain yang dikatakan ampuh atasi insomnia yaitu kemping,wisata atau sambil liburan.

Menurut sebuah studi paparan cahaya alami dari matahari di pagi atau senja hari dapat membantu mengembalikan sinkronisasi jam biologis tubuh, membuat seseorang tertidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan segar.

Awalnya peneliti mengamati pola tidur dan mengukur jam biologis tubuh 8 orang dewasa yang terpapar cahaya elektrik di rumah maupun tempat kerja. Kemudian partisipan dianalisis kembali setelah diminta kemping selama seminggu di Colorado, hanya ditemani oleh sinar matahari dan cahaya dari api unggun.

Pada percobaan pertama sebagai alternatif cara menghilangkan insomnia, partisipan cenderung terjaga hingga tengah malam dan terbangun jam 8 pagi. Menurut peneliti, cahaya buatan mengakibatkan penundaan jam biologis tubuh hingga dua jam. Kadar hormon melatonin yang mengatur siklus tidur seseorang pun hanya menurun dua jam setelah partisipan bangun tidur dan terpapar cahaya buatan.

Tapi setelah menghabiskan waktu di alam terbuka, jam internal dan pola tidur partisipan kembali ke waktu semula, meski durasi tidur partisipan dalam dua percobaan sama. Mereka juga jadi lebih waspada di pagi hari atau sesaat ketika terbangun.

'Dengan meningkatkan paparan cahaya matahari dan mengurangi penggunaan cahaya elektrik di malam hari, kita dapat mengembalikan jam biologis serta pola tidur kita, membuat kita mudah terbangun dan waspada di pagi hari," ungkap ketua tim peneliti Kenneth Wright dari University of Colorado, Boulder seperti dilansir Daily Mail, Jumat (2/8/2013).

"Yang mengejutkan adalah bagaimana ketika kita terpapar sinar matahari, jam biologis kita langsung bisa selaras dengan sempurna hanya dalam waktu kurang dari seminggu," tambahnya.
Jadi saatnya anda menyisihkan sedikit budget Liburan atau kemping untuk mencoba benar gak sih cara menghilangkan insomnia dengan kemping?,selamat kemping. 


Selasa, 23 September 2014

Mau Menghilangkan Insomnia? Jauhi Rokok

Mau Menghilangkan Insomnia? Jauhi Rokok
Mau Menghilangkan Insomnia? Jauhi Rokok  Sebenarnya tak sulit mengenali orang-orang yang sering terkena insomnia. Kalau bukan stress ataupun depresi maka dapat dipastikan orang yang bersangkutan mengidap penyakit tertentu seperti diabetes. Tapi sebuah studi baru mengatakan kondisi serupa juga dialami perokok.
 Menurut tim peneliti dari University of Florida dan Research Triangle Park, dari 5.000 orang dewasa di Amerika yang mereka amati, perokok cenderung lebih sulit tidur (12 persen), sering terbangun di malam hari (11 persen) dan kerap bangun terlalu dini di pagi hari (9.5 persen) dibandingkan bukan perokok.

Faktanya untuk setiap satu batang rokok yang Anda hisap maka itu dapat mengurangi waktu total tidur Anda hingga 1,2 menit. Demikian dilansir Men's Health,

"Nikotin bisa menghentikan siklus tidur normal seseorang karena ini memberikan efek stimulasi atau perangsang," tandas salah satu peneliti Joseph McNamara, Ph.D.

"Apalagi otak Anda harus mengalami gejala penarikan (withdrawal) dari nikotin akibat aktivitas merokok yang Anda lakukan seharian (terutama jika Anda merokok sepanjang malam), padahal kondisi ini jelas-jelas mengganggu pola tidur Anda," lanjutnya.

Beruntung studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology, Health & Medicine ini juga menemukan perokok pasif bisa tidur lebih nyenyak daripada perokok aktif, kendati orang-orang yang tak pernah terpapar rokok sama sekali diketahui yang tidurnya paling nyenyak.

Peneliti pun memperingatkan karena penyebab insomnia pada perokok adalah kandungan nikotinnya maka hal ini tak hanya berlaku untuk pengguna rokok biasa saja tapi juga rokok elektrik (e-cigarettes). Dengan kata lain cara menghilangkan insomnia adalah dengan berhenti merokok pasti akan memberikan keuntungan bagi kebiasaan tidur Anda. 

Minggu, 21 September 2014

Ini 'Mantra' Ampuh Cara menghilangkan Insomnia

Ini 'Mantra' Ampuh Cara menghilangkan Insomnia
Ini 'Mantra' Ampuh Cara menghilangkan Insomnia Jika jam tidur sudah tiba tapi rasa kantuk tak kunjung menyerang, sejumlah orang kerap menyiasatinya dengan cara tertentu agar bisa tertidur. Ada yang berolahraga ringan, minum susu hingga memakai obat tidur. Tapi sebenarnya dengan permainan kata-kata tertentu, Anda bisa 'menghipnotis' diri sendiri agar bisa tertidur.

Mungkin sekilas mirip hipnosis, namun sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Social Psychology ini memaparkan bahwa dengan penggunaan kata-kata sederhana, Anda bisa membujuk otak Anda sendiri agar bisa tertidur.

Bukan sembarang kata, kata-kata yang digunakan dalam trik ini adalah yang berkaitan dengan tidur seperti 'cozy (nyaman)' dan 'relax (rileks). Dan peneliti telah membuktikannya, partisipan yang terus dipapari kata-kata ini selama lima menit dapat tertidur 47 persen lebih lama, meski hanya tidur siang yang singkat, dibandingkan partisipan yang tidak melihat kata-kata ini.

Detak jantung partisipan yang membaca kata-kata ini juga menurun secara signifikan. Menurut peneliti, detak jantung yang menurun juga menunjukkan tidur yang lebih nyenyak.

Pada percobaan lain, kata-kata 'mantra tidur' itu juga sama efektifnya pada orang-orang yang memang telah lama mengidap gangguan tidur.

Cara menghilangkan insomnia dengan "Membaca kata-kata yang membuat rileks mengaktivasi proses mental yang berorientasi pada target di dalam otak yang membantu mengendalikan seberapa lelah atau bersemangatnya diri Anda," terang peneliti Mitsuru Shimizu, Ph.D., dari Southern Illinois University Edwardsville, AS.

Dengan kata lain, membaca kata-kata seperti 'nyaman' dan 'rileks' dapat membantu menghipnosis Anda agar merasakan kondisi sesuai dengan kata-kata yang Anda baca, sehingga membuat Anda cepat tertidur.

"Namun proses psikologis di balik hal ini kurang begitu jelas. Hanya saja sama halnya ketika Anda memakai kata-kata kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda sebelum melakukan wawancara kerja, maka Anda juga bisa mendorong diri sendiri agar bisa tertidur hanya dengan memikirkan kata-kata yang menenangkan," imbuh Shimizu seperti dilansir Men's Health,

Penasaran? "Coba saja sendiri dengan menuliskan kata-kata yang menurut Anda berkaitan dengan tidur, misalnya 'calm (tenang)', 'rest (istirahat)' dan 'drift away (terhanyut)' pada kertas notes. Letakkan di kamar mandi, pinggir tempat tidur atau tempat lain yang sekiranya akan Anda lihat sejam sebelum naik ke ranjang," saran Shimizu.

Shimizu memastikan paparan kata-kata ini akan meningkatkan kualitas dan kenyenyakan tidur Anda

Cara menghilangkan insomnia dengan mantra ampuh  seperti  yang dijelaskan diatas  tentunya layak anda coba ketika ingin beristirahat nanti,selamat mencoba.
(health.detik.com)

Selasa, 16 September 2014

Cara menghilangkan insomnia Dengan Bercinta

Cara menghilangkan insomnia Dengan Bercinta
Cara menghilangkan insomnia Dengan Bercinta Serangan insomnia akut yang mengganggu istirahat pria, membuat mereka mencari cara kilat menyelesaikan masalah tersebut. Bercinta jadi salah satu solusi ampuh yang ditempuh.

Gangguan tidur dapat dialami siapa saja, baik pria atau wanita. Berbeda dengan wanita, pria mengatasi hal tersebut dengan cara sederhana. Biasanya, mereka memilih untuk mengakhiri kelelahan mata dengan bercinta. 

Sebuah survei yang dilakukan pada 1.000 orang di Australia mengatakan bahwa hal tersebut menjadi cara ampuh mereka mengatasi kesulitan tidur. Sebagian besar pria mengatakan hubungan seksual menjadi salah satu cara utama untuk membantu mereka tertidur di malam hari. Diakui mereka, seks menjadi alat bantu paling efektif ketimbang mengonsumsi obat seperti teh herbal, segelas susu hangat atau mandi air panas, seperti yang dilaporkan News.com.au.

Tapi, ketika ini terjadi pada wanita, sepertinya hubungan seks bukan menjadi prioritas tertinggi dalam agenda mereka. Banyak dari wanita yang mengatakan lebih memilih minuman chamomile dibandingkan hubungan intim bersama pasangan mereka, berdasarkan poling yang dihasilkan.


Juga Bercinta bukanlah sekedar  demi kenikmatan dan kesenangan semata.  Kata ahli, kehidupan seks yang sehat dan teratur dapat meningkatkan kesesahatan lahir bathin Anda  dan pasangan juga salah satu kiat Cara menghilangkan insomnia. Cobalah, buktikan sejumlah manfaat berikut ini:

1. Bercinta = berolah raga

Tiga puluh menit bercinta dapat membakar sekitar 85 kalori atau lebih.  Meski tampaknya tak banyak, namun  jika dilakukan rutin sebanyak 42 kali, berarti  sekitar 3750 kalori yang akan terbakar. 

Ini cukup lho, untuk menurunkan berat badan sebanyak  500 gram atau 0,5 kilo.   “Seks adalah cara olahraga yang menyenangkan, baik fisik maupun psikologis”, kata Patti Britton, PhD, sexologist dari Los Angeles, AS.  

2. Menghilagkan sakit kepala dan gangguan PMS

Bercinta membuat terlepasnya  hormon oxitocin yang membuat Anda merasa relaks. Dengan terlepasnya hormon oxitocin, maka hormone endorphin akan meningkat. Inilah yang membuat hilang atau berkurangnya rasa sakit.  

Jadi, jika Anda mengalami sakit kepala atau terganggu gejala PMS, bercintalah.  Khasiatnya sama dengan obat analgesikn atau penghilang rasa sakit.       

3. Mencegah kanker
Seks teratur dengan pasangan yang sama dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara bagi wanita yang belum pernah melahirkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seorang wanita menambah frekuensi bercintanya, maka risikonya untuk terkena kanker payudara akan berkurang.  

Aktivitas seksual akan menguatkan otot dasar pelvic sehingga control saluran kemihnya lebih baik.  Seingnya berejakulasi, khususnya pada pria berusia di atas 20 tahun, dapat mengurangi riskonya terkena kanker prostat. 

4. Penawar stress
Aktivitas seksual memproduksi  fenilethlamin, zat cinta yang meningkatkan rasa bahagia. Selain itu, sebuah studi di State University- New York, menunjukkan bahwa para wanita secara langsung terekspos dengan cairan sperma lebih sedikit mengalami stres.   

5. Mengaktifkan sistim pembersihan

Keuntungan lain dari bercinta adalah terjadinya proses pembersihan dalam tubuh.  Pada saat seseorang tergairahkan, maka  aliran darah akan terpompa lebih cepat, sehingga aliran darah ke otak juga akan meningkat.

Meningkatnya detak jantung dan aliran ke otak menyebabkan tubuh lebih segar. Dengan meningkatnya aliran darah berarti organ-oragan akan mendapat lebih banyak suplai oksigen dan membuang lebih banyak racun yang ada dalam darah.   

6. Seks menurunkan tekanan darah

Salah satu keuntungan dalam aktivitas seksual adalah menurunkan tekanan darah dan secara umum mengurangi stress, demikian menurut  para peneliti dari Scotlandia yang melaporkan hasil temuannya ke jurnal Biological Psychology.

Dalam penelitiannya mereka menemukan bahwa para wanita yang lebih sering melakukan hubungan seksual menunjukkan respons yang lebih sehat tehadap stress disbanding mereka yang kurang melakukannya.  

Selain itu mereka yang sering bercinta  rata-rata menunjukkan  tekanan darah yang lebih rendah ketimbang mereka yang kurang melakukannya.   Ditemukan juga bahwa pasangan yang sering berpelukan dan  berciuman  juga menunjukkan kecenderungan tekanan darah yang normal.   

7. Menyembuhkan sakit
Penyembuhan dapat diartikan dalam berbagai arti. Adakalanya hubungan antar pasangan perlu dipulihkan. Bisa pula penyembuhan diperlukan seseorang yang mengalami penyakit kronis tertentu, misalnya diabetes.  Banyak penelitian menunjukkan bahwa seks dapat menyembuhkan fisik dan psikologis. 

Prinsipnya, zat oxiticin yang dihasilkan dengan orgasme, memberi dampak positif yang menyembuhkan bagi fisik dan psikis.  

8. Meningkatkan daya tahan tubuh dan awet muda
Meskipun orgasme seringkali diistilahkan sebagai ‘kematian kecil’, mengalami orgasme sebanyak 2 kali dalam seminggu dikatakan dapat memperpanjang usia. Setiap kali Anda mencapai orgasme, hormone DHEA atau dehedrioepiandrosteron akan meningkat. 

Hormon DHEA ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, meningkatkan fungsi otak serta membuat kulit lebih sehat dan juga berfungsi sebagai zat anti depresi.   

9. Membuat tidur nyenyak dan menenangkan
Usai orgasme, terjadilah gelombang rasa tenang dan rileks yang mendalam (itu sebabnya pria sering tertidur setelah melakukan hubungan intim).  Inilah saat yang baik untuk melepaskan segala pikiran yang mengganggu dan mengikhlaskan hal-hal yang kurang menyenangkan. 

Banyak orang yang cukup  menikmati seks mengaku bahwa mereka  bisa tidur lebih nyenyak dan merasa segar sepanjang  hari berikutnya.  Jadi seks membuat kita mencapai tidur yang lebih berkualitas, lebih mampu menghadapi stres sehari-hari dan merasa  segar sepanjang hari.  

10. Membuat wanita lebih subur
Semakin sering seorang wanita bercinta, semakin banyak hormon reproduksi yang dihasilkannya sehingga gairah cintanya pun meningkat.  Dengan kata lain, semakin sering wanita bercinta, semakin meningkat pula gairahnya.  Semakin banyak bercinta, semakin meningkat pula produksi hormon estrogennya, sehingga menghindarkannya dari osteoporis dan gangguan Alzheimer dan endometriosis (kista dalam rahim).   

Wanita yang bercinta sedikitnya seminggu sekali biasanya akan memiliki siklus menstruasi yang teratur, yang pada gilirannya akan membuatnya lebih subur.  Jadi jika Anda belum memiliki momongan dan  menginginkannya,
Cara menghilangkan insomnia dengan mudah, rajin-rajinlah bercinta dan nikmatilah…!
sumber  (okezone.com)
(esensi.co.id)

Sabtu, 13 September 2014

4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung




4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung
4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung .Seperti layaknya kelelahan fisik yang dapat menyebabkan kelelahan otak, insomnia atau susah tidur di malam hari  juga dapat membahayakan jantung Anda. 

Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini dalam European Heart Journal menemukan bukti hubungan substansial antara insomnia dan risiko gagal jantung.

Dilansir dalam Prevention, selama lebih dari 11 tahun, tim studi dari universitas Skandinavia melacak beberapa kebiasaan tidur dan tingkat gagal jantung lebih dari 50.000 pria dan wanita. Para peneliti berfokus pada tiga masalah utama insomnia: sulit tidur, kesulitan tetap tidur, dan bangun masih merasa lelah.

Sayangnya, hasil dari analisis mereka membuktikan masih banyaknya orang yang terjaga di malam hari: Di antara peserta yang mengikuti tes ini hanya diadapatkan satu orang yang "jarang" mengalami insomnia mengalami peningkatan gagal jantung hingga 5 sampai 14% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berjuang dengan tidur. Tetapi bagi mereka yang mengalami ketiga gejala yaitu "sering" , persentase terkena gagal jantung lebih dari tiga kali lipat, kata rekan penulis studi Lars Laugsand, PhD, dari Universitas Norwegia Sains dan Teknologi.

"Insomnia adalah gangguan yang ditandai dengan hyperarousal," kata Laugsand. Jadi, bukannya tertidur dengan kondisi tenang, insomnia meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik Anda, yang melepaskan banyak hormon stres ke dalam aliran darah Anda. proses ini meningkatkan tekanan darah, hal ini memperjelas alasan mengapa ketika kita terkena insomnia, kita merasakan jantung berdebar lebih cepat dan kepanasan. 

Hormon stres juga meningkatkan tingkat peradangan dan memacu pelepasan katekolamin, sekelompok senyawa yang dalam penelitian sebelumnya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tambah Laugsand.

Bagaimana cara menghilangkan insomnia? Anda bisa mencoba dengan meningkatkan kualitas tidur anda. Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, Laugsand menyarankan berfokus pada empat aspek berikut rejimen tidur Anda:

Perilaku: Hindari tidur siang dan menghabiskan setidaknya 30 menit santai sebelum tidur. yang berarti tidak ada TV, komputer, atau perangkat digital yang dapat membuat terjaga semalaman. Lalu bangun dan pergi tidur dengan waktu yang sama setiap hari untuk menjaga rutinitas waktu tidur anda.

Lingkungan: Jaga kamar tidur Anda gelap dan setenang mungkin, dan menyalakan pendingin ruangan , karena penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa jika kepala Anda dalam keadaan dingin, Anda cenderung  tertidur lebih cepat.

Diet: Hindari kafein 6 sampai 8 jam sebelum tidur, dan jangan minum-minuman beralkohol, yang merupakan pengganggu tidur utama. Kelaparan juga dapat membuat Anda bangun di malam hari. Jadi untuk membantu anda agar cepat ngantuk, beberapa porsi makanan ringan dapat membantu Anda tertidur.

Latihan: lakukan latihan ringan di pagi hari , seperti Yoga atau berjalan kaki , karena aktifitas ini membantu anda lebih cepat mengantuk pada malam harinya .

4 Cara Menghilangkan Insomnia untuk Kesehatan Jantung  anda sudah barang tentu jadi mesti proritas penting untuk kesehatan anda,semoga bermanfaat.


sumber (Aktual.co)